Usia Aisyah RA

السلام عليكم . بِسْــــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

Artikel pendek saya yang terdahulu “4 Perempuan Surga” membahas tentang KHADIJAH, FATHIMAH, ASIAH dan MARYAM dan memang tidak membahas tentang AISYAH ra., karena yang saya bahas adalah satu hadits Ahmad yang berkenaan dengan 4 Perempuan tersebut.

Banyak yang bertanya kepada saya perihal istri Rasulullah yamg lain yaitu AISYAH ra, terutama pada umur berapakah AISYAH ra di nikahi oleh Rasulullah, karena beliau adalah satu-satunya istri Rasulullah yang masih gadis.

Tentunya yang paling tahu tentang usianya Aisyah pada saat dinikahi oleh Rasulullah adalah Aisyah sendiri. Berdasarkan keterangan yang shahih tentang pernyataannya, sbb:

“Dari Aisyah ra., Sesungguhnya Nabi saw menikahinya sedangkan ia berusia enam tahun, dan diserahkan kepada beliau ketika usia sembilan tahun, dan tinggal bersamanya sembilan tahun”. (HR. Muslim)

“Dari Aisyah ra., Sesungguhnya Nabi saw menikahinya ketika ia berusia tujuh tahun, dan dserahkannya kepada Nabi saw ketika ia berusia sembilan tahun, sedangkan mainanya ia bawa bersamanya. Dan beliau wafat ketika ia berusia delapan belas tahun”. (HR. Muslim)

Seperti Istri-istri Rasulullah yang lain, sepeninggal Rasulullah Aisyah tidak menikah lagi.

Salam Ikhlas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by