Panjang Umur

Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik-baik kamu adalah orang yang panjang umurnya dan banyak pula amalnya.” (HR.Tirmidzi)

Barang siapa yg memohon dipanjangkan umurnya agar dapat melakukan amal sholeh yg dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT serta betul-betul ada usaha ke arah itu dan dia bersemangat dalam beramal kemudian menjauhkan dirinya dari dunia, maka orang tersebut adalah orang-orang yang benar (shodiqin).

Tetapi jika dengan keinginannya tersebut dia bermalas-malasan dan mengabaikan amal soleh, maka nyatalah dia adalah seorang pendusta (kadzibin) karena menuntut sesuatu tanpa ada faedahnya.

Dunia adalah tempat untuk beramal (Daarul ‘amal) sedangkan akhirat adalah tempat panen dan ganjaran (Daarul jaza’).

Bedakan antara UMUR BIOLOGIS dan UMUR AMAL…

Sebaik-baiknya manusia adalah UMUR AMALNYA lebih panjang dari UMUR BIOLOGISNYA.

Orang-orang sholeh yang pendek umurnya namun setelah kematiannya kebaikannya masih selalu diceritakan orang dan amalnya masih ditiru orang. Namun sebaliknya umurnya panjang, tapi tidak ada kebaikan sedikitpun yang dikenang orang…na’udzubillah!

Setiap tahun umur kita bertambah, artinya jatah umur kita berkurang. Jadi aneh kalau ada orang berpesta pora untuk merayakan ulang tahunnya. Artinya kan, sama saja dia sedang merayakan kematian yang semakin dekat. Sehausnya setiap ulang tahun dia merenung; apa saja yang sudah dilakukan dan apa saja yang akan dilakukan untuk memanfaatkan sisa umur.

Oleh karena itu, pilihlah yang akan mendatangkan manfaat bagi dirimu kelak, selagi anda dapat memilih. Semoga Allah SWT merahmati dan meningkatkan derajat kita, sebab jika kita sudah mati, kita tak dapat memilih lagi.

Salam Ikhlas!

TAHUKAH KAMU…

-Nabi yang umurnya paling panjang adalah Nabi Adam: 100 tahun dan Nabi Nuh: 500 tahun

-Rasulullah wafat pada usia yang sangat pas, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, 63 tahun

-Kebanyakan Ulama besar wafat pada usia yang sangat ideal, Imam Syafi’i; 54 tahun, Imam Al-Ghazali: 55 tahun. Ada juga orang yang shaleh yang tidak terlalu panjang umurnya, tetapi banyak amalnya, Umar bin Abdul Aziz; 40 tahun, Hasan al Banna; 40 tahun

DOA…

“Allahumma ini a’udzubika minal hammi wal hadzan wa a’udzubika minal ‘azri  wal kasal wa a’udzubika minal dzubni wal bukhli wa a’udzubika fitnatil mahya wal wamat”

“Ya Allah, aku berlindung dari rasa susah dan sedih, berlindung dari sifat lemah dan malas, berlindung dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung dari fitnah dunia dan siksa kubur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by