Idolaku: Muhammad (1)

لسلام عليكم

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِارَّحْمَنِ ارَّحِيم

الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله. عما بعد

Tulisan berseri ini (5 seri) akan lebih kepada hal-hal yang unik tentang Rasulullah, MENU MAKAnnya dan para Sahabat  yang jarang terpublikasikan…selamat membaca !

Setiap orang pasti punya idola. Begitu juga dengan kita, kan? Mungkin idolanya adalah musisi hebat, olahragawan piawai, atau ilmuwan jenius.

Tetapi, kita sebagai umat Islam punya sosok superhebat yang bisa kita jadikan idola, sekaligus panutan hidup kita. Ya! Dialah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam. Dialah manusia yang sederhana, cerdas, berani, dan seabrek sifat terpuji lainnya.

Michael H. Hart, seorang penulis Barat, menetapkan Nabi Muhammad sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Soalnya, Nabi Muhammad mampu mengubah setengah wajah dunia hanya dalam waktu 23 tahun!

Mengenal pribadi Rasulullah

Seorang sahabat menggambarkan pribadi Rasulullah: Beliau akrab dengan kesedihan, banyak berpikir, sedikit beristirahat, tidak berkata-kata untuk waktu yang lama, dan tidak berbicara tanpa sebab.

Beliau selalu memulai  dan mengakhiri perkataanya dengan menyebut nama Allah. Pembicaraannya ringkas, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, tidak kasar dan tidak main-main, serta tetap ringan.

Hal unik tentang Rasulullah

Panji Rasulullah

Rasulullah memiliki dua panji. Menurut Ibn Umar, panji Rasulullah berwarna hitam persegi kecil dan berwarna putih persegi besar. Panji putih ini dikibarkan ketika Rasulullah bersama para sahabat menaklukkan Kota Makkah.

Jubah Rasulullah

Semasa hidup, Rasulullah memberikan jubahnya yang berwarna hijau kepada seorang Badui. Sepeninggal Rasulullah, jubah itu dibeli oleh Muawiyah. Dia menggunakan jubah itu pada setiap khutbah Jumat. Pada masa selanjutnya, jubah itu hanya dipakai pada upacara pelantikan khalifah. Akhirnya, jubah itu sobek pada masa akhir Dinasti Umayyah (132 H/750 M).

Unta Rasulullah

Rasulullah memiliki unta putih yang diberi nama Qaswah. Unta itulah yang mengantar Rasulullah melakukan perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

bersambung, Idolaku: Muhammad (2)

Salam Ikhlas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by