13 Langkah Meraih Ramadhan Berkwalitas (6)

Keenam: Jangan Sia-siakan Waktu, Bacalah Al Qur’an

Membaca Al Qur’an adalah ibadah paling utama di bulan Ramadhan. Bersungguh-sungguhlah mengkhatamkan Al Qur’an lebih dari satu kali di bulan Ramadhan. Rasulullah saw bersabda: “Kalian tidak akan sampai pada puncak keimanan sampai tidak ada sesuatu yang lebih kamu cintai daripada Allah SWT. Dan barangsiapa yang mencintai Al Qur’an maka Allah akan mencintainya.”

Disiplinlah melakukan wirid Al Qur’an:

Wirid Al Qur’an adalah batas wirid yang ditetapkan kita sendiri untuk membaca atau menghafal Al Qur’an setiap hari. Batas minimunya tidak kurang dari satu juz dan usahakan bisa membaca dua juz Al Qur’an. Rasulullah saw bersabda: “Orang yang membaca Al Qur’an dan dia terbata bata dan sulit membacanya, maka dia mendapatkan dua pahala.” (HR. Muslim)

Sifat orang yang membaca Al Qur’an:

Orang yang menghafal al Quran akan dikenal pada malam-malamnya ketika manusia terlelap tidur. Dan dikenai pada siang harinya saat manusia tidak berpuasa. Juga dikenal lewat tangisannya saat manusia tertawa.” (Abdullah bin Mas’ud)

MANFAAT:

  • Satu huruf berpahala sepuluh kebaikan dan lipatan pahala yang tak terhingga jika Allah kehendaki. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat At Turmudzi.
  • Seorang pembaca dan penghafal Al Qur’an derajatnya di surga sesuai dengan batas bacaan Al Qur’annya di dunia. (HR. Turmudzi)
  • Para salafushalih mengatakan bahwa membaca Al Qur’an akan memunculkan cahaya di wajah, ketenangan hati dan ketentraman jiwa.

Salam Ikhlas !

———————

QUOTES :

“Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tsb dihalalkan oleh saudaranya…Krn jika orang tsb memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tdk memiliki amal shalih, maka ditambahkan kpdnya dosa-dosa dari org yang ia zhalimi”. (HR. Bukhari no.2449)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by