13 Langkah Meraih Ramadhan Berkwalitas (13)

Ketiga belas: Serius Meraih Lailatul Qadar

Malam yang paling mulia dalam satu tahun.Orang beriman menunggunya dari tahun ke tahun, untuk memperoleh keuntungan besar di dalamnya dari Allah SWT. Tidak ada keutamaan yang menyerupainya. Ibadah pada malam ini lebih baik dari ibadah selama 1000 bulan. Kapankah malam lailatul qadar? Sejumlah hadits menyebutkan malam lailatul qadar jatuh pada salah satu malam sepuluh hari terakhir dari Bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil.

Apa yang harus dilakukan pada malam-malam itu? Tidur sejenak pada siang hari. Berbukalah dengan makanan yang tidak terlalu membuat kenyang. Aturlah agenda kegiatan sebaik-baiknya agar kta bisa bangun pada pertengahan malam. Lakukan sjalat malam, berdzikir, beristighfar dan membaca Al-Qur’an. Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang bangun di waktu malam lailatul qadar dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka Allah aka mengampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Bukhari)

Peringatan:

Jangan sampai ketiduran sehingga kita kehilangan kesempatan emas di waktu malam. Hati-hati juga dari banyak bercanda, berbicara, dan melakukan hal yang sia-sia.

Doa yang diajarkan Rasulullah di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan: “Allahumma innaka ‘afiwwin, tuhibbul afwa fa’fu anni”. Artinya, Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Mencintai maaf, maka maafkanlah aku.

Lantunkan doa ini sesering mungkin disetiap ada kesempatan.

MANFAAT:

  • Ampunan semua dosa yang telah lalu
  • Kita bisa memperoleh apa yang kita inginkan berupa rizki dan keluarga yang shalih. Kita akan terbebas dari neraka karena malam ini

Salam Ikhlas !

——————–

HIKMAH:

Kita memerlukan Ramadhan, agar air mata penyesalan mempunyai waktu yg tepat untuk menetes atas segala kelalaian terhadap hak2 Allah yg tak kita tunaikan…ampuni kami ya Robb !

NASEHAT KUBUR:

1. Kubur adalah tempat paling gelap,maka terangilah kubur dengan tahajud.

2. Kubur adalah tempat yang paling sempit,maka luaskanlah kubur dengan bersilaturahmi.

3. Kubur adalah tempat yang paling sepi,maka ramaikanlah dengan memperbanyak baca Al-Qur’an.

4. Kubur adalah tempat nya binatang-binatang yang menjijikan,maka racunilah ia dengan amal sedekah.

5. Kubur tempat munkar & nakir bertanya maka,persiapkanlah jawaban mu dengan memperbanyak mengucap LAILAHAILLALLAH dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

Salam ikhlas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by