13 Langkah Meraih Ramadhan Berkwalitas (1)

PERTAMA: PERBANYAK SHALAT

Shalat di bulan Ramadhan menyimpan pahala yang sangat besar. Di bulan ini, shalat sunnah bernilai shalat wajib, dan shalat wajib bernilai sama dengan minimal 70 kali sholat wajib di bulan yang lain.

Shakat Sunah Muakkadah: Adalah shalat yang selalu dijaga pelaksanaannya oleh Rasulullah berjumlah 12 rakaat. Yaitu: 2 rakaat sebelum subuh, 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat ba’da dzuhur, 2 rakaat sesudah maghrib, 2 rakaat setelah isya.

Pahala shalat sunnah:

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang sabar melakukan shalat 12 rakaat dalam satu hari satu malam, maka ia akan masuk surga.”(HR. An Nasal)

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang shalat dalam satu hati satu malam dia belas rakaat, selain shalat wajib, dibangunkan untuknya sebuah rumah di surga. (HR. Muslim)

Memotivasi amal shaleh dengan menghitung pahala sholat wajib:

Shalat wajib di masjid 27 kali lebih baik daripada shalat sendiri di rumah. Kalikanlah 5 jika kita melakukan lima kali shalat berjamaah di masjid. Ini sama dengan 5 kali sholat x 70 pahala minimal sholat wajib di bulan ramadhan x 27 lipatan pahal shalat di masjid x 30 hari dalam satu bulan = 283.500 kebaikan yang kita dapat dari shalat di masjid. Ini masih jumlah minimalnya.

Karena belum termasuk shalat sunnah muakkadah yang pahalanya senilai pahala shalat wajib. Selain itu, karena Allah akan melipat gandakan pahala hingga lipatan yang tidak terbatas bagi orang-orang yang dikehendaki-Nya.

Target:

Memelihara shalat di masjid, di shaf pertama, hadir di saat permulaan shalat di setiap kali shalat lima waktu.

MANFAAT:

Shalat menghapuskan dosa yang terjadi antara waktu shalat dengan shalat yang lain, selain dosa besar. (Sebagaimana dalam hadits riwayat Muslim)

  • Ketenangan batin yang akan dirasakan orang yang mengerjakan shalat.
  • Pemuliaan di surga kepada orang yang mendirikan dan mendawamkan shalat..

Kemenangan dalam hal keimanan di saat khusyu dalam shalat, karena Allah SWT berfirman, “Sungguh telah menanglah orang-orang beriman.” (Surat Al-Mu’minun: 1)

Salam Ikhlas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu’alaikum Admin saya mau tanya...
Powered by