SAHABAT

“Sekiranya hendak mengetahui akan tingkah laku, pribadi atau kelakuan seseorang adalah ia seorang yang soleh atau toleh maka tidak perlu bertanya di sana sini.

Cukup melihat siapakah kawannya dan siapakah orang-orang yang disayanginya dan dari itu akan mengetahui pribadinya karena seseorang yang berkawan ia akan mengikuti kelakuan dan perbuatan kawannya itu”

Petikan Dari Nasihat Alqomah Kepada Puteranya:

“Wahai puteraku! Sekiranya engkau merasakan perlu untuk bersahabat dengan seseorang maka hendaklah engkau memilih teman-teman yang memiliki sifat sebagai berikut:

  1. Jika kamu ditimpa oleh bencana maka temanmu itu  akan coba melakukan sesuatu untuk menghilangkan dan meringankan kesusahanmu itu.
  2. Jika kamu meminta sesuatu bantuan atau pertolongan dari teman itu maka ia akan segera mengusahakannya.
  3. Jika kamu merancangkan sesuatu maka temanmu itu akan turut membantumu dengan memberikan pandangannya.
  4. Jika kamu bercakap-cakap dengannya maka temanmu itu akan membenarkan kata-katamu.
  5. Jika temanmu itu melihat sesuatu yang tidak baik dari perbuatan atau perkataan atau perkataanmu maka dia akan menutupinya.
  6.  Jika kamu mengeratkan hubungan persahabatan dengan temanmu itu maka dia akan membalas dengan baik pertalian persahabatan itu.
  7. Jika kamu mengulurkan sesuatu kebaikan (hadiah) kepada temanmu itu maka ia akan menerimanya dengan baik malah ia membalasnya kembali.
  8. Jika temanmu itu mendapat sesuatu kebaikan dan kebajikan darimu itu maka ia akan mengingati, menghargai dan menyebutkan akan kebaikanmu itu.
  9. Jika kamu berdiam diri atau karena malu untuk meminta sesuatu darinya maka dia akan bertanyakan akan kesusahan itu.
  10. Jika kamu berselisih faham dengan temanmu itu maka ia lebih rela mengalah demi untuk memelihara persahabatanmu itu.

Salam Ikhlas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamualikum, ada yg bisa kami bantu ?
Powered by