PROFILE

VISI
Membangun Peradaban Baru

MISI
Mendidik Generasi Qur’ani Membangun Negeri

SEJARAH

SEMUA BERAWAL DARI SEBUAH MIMPI & KEINGINAN YANG KUAT

DAARUL ARQOM, artinya adalah Daarul artinya Rumah, sedangkan Arqom adalah nama sahabat Rasulullah saw Arqom bin Arqom yg saat itu berusia remaja 16 tahun, yg sudah matang dalam berislam.

Rumah Arqom, Sebuah tempat dibukit shafa di makkah, tempat pembinaan sahabat-sahabat yg langsung dibina oleh Rasulullah saw saat awal-awal syiar islam, dari situlah syiar islam mendunia hingga kini. insya Allah anak-anak yatim piatu hasil pembinaan di Panti Asuhan Daarul Arqom pun kelak akan mendunia, aamiin.

Awalnya adalah nama sebuah masjid beserta aktifitasnya menyantuni anak-anak yatim piatu yg berlokasi di Bandung berdiri sejak thn 1973. Berlokasi di Jl. Gunung Batu No 128, Cimindi, Bandung 40175, terletak dipinggir jalan tol Pasteur, sebelah Apartemen Gate Away Pasteur.

1973 : Dulu, Surau Kecil berukuran 12 M2, bangunan panggung terbuat dari kayu dan bambu. (Replika nya kini menjadi “Saung Tahfidzh” terletak di Taman Wifi PADA digunakan untuk tempat menghapal al-Qur’an.

2016 : Kini berpindah ke Jl. Gunung Batu No.123B berdiri bangunan Masjid, Panti Asuhan, Sekolah seluas 1.400 M2, walaupun berbentuk bangunan sederhana yg dibeli dari rumah-rumah warga sekitar masjid.

Kini lokal yg ada adalah, Masjid, 3 Ruang Kelas, Kantor, Asrama Putra, Asrama Putri, Asrama Balita, Taman, Lapangan Parkir, Jalan dari depan s/d Lap parkir sudah menjadi milik Daarul Arqom.

Next : Gedung & Basement 3 lantai. insya Allah. (Lihat Masterplan Daarul Arqom Islamic Centre di Laman Masjid) Klik >

Kapasitas Panti Asuhan

Kami Menyayangi 45 anak yatim & Membahagiakan 35 janda.  Kami merawat, membina, membiayai secara penuh semua aspek kehidupan anak-anak yatim piatu.

Anak-anak Yatim Piatu ini ditampung dalam 3 Asrama : Asrama Balita, Asrama Putri, Asrama Putra. Usia terkecil adalah 4 tahun dan yg terbesar adalah usia 22 tahun. Mereka semua mengikuti program “Sekolah Sampai Sarjana”. Sebelum kuliah mereka sudah harus hapal al-Qur’an minimal 15 Juz, sambil kuliah menamatkan hapalan 30 juz, fasih berbahasa Arab dan membaca kitab serta menjadi  Imam / Khatib.

Kini, seluruh manajemen dakwah & manajemen kantor serta Akunting Daarul Arqom sudah dikelola oleh Anak-anak Yatim yg sedang berkuliah, juga pembinaan untuk anak-anak usia sekolah pun dibina oleh mereka mahasiswa/mahasiswi Yatim. Begitupun yg mengurus anak-anak Panti Asuhan ini adalah Anak-anak Yatim Piatu yg kuliah, begitulah seterusnya alurnya. Dari Yatim, Oleh Yatim, Untuk Yatim.

Insya Allah mulai tahun 2016 “Panti Asuhan Daarul Arqom” berproses & bermetaforfosis menjadi “Pesantren Yatim Tahfidz Al-Qur’an Daarul Arqom”.

Sahabat Yatim…

Anak yatim adalah anak yang tidak memiliki ayah dan kita diperintahkan untuk memuliakan anak yatim, tak berlebihan jika:

SESUNGGUHNYA ANAK YATIM adalah ANAK KITΑ…ANAK SAYA, ANAK ANDA, ANAK SEMUA ORANG YANG MENGAKU BERIMAN KEPADA ALLAH SWT

Sudahkah Kita Memperhatikannya?
Mari kita Bicara,
Mari kita Rasa,
Mari kita Upaya.

Semoga Allah memudahkan kita melakukan kebaikan & Semoga umur amal kita lebih panjang dari umur biologis kita, Aamiin.

Allahul musta’an.