ORANG BAIK DUDUKNYA DEKAT RASULULLAH SAW

Rasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya, orang yang paling aku senangi dan paling dekat kepadaku tempat duduknya pada hari kiamat, adalah orang yang paling baik akhlaknya”. (HR. Bukhari)

Akhlak Baik Al-Hasan berkata: ”Berakhlak baik itu adalah bermuka cerah, ramah, dan tidak menyakiti orang lain”.

Abdullah Ibn Al-Mubarak berkata: ”Berakhlak baik itu terdapat dalam tiga hal, yaitu menjauhi yang haram, mencari yang halal, dan lapang dada terhadap keluarga”.

Sedangkan definisi ahlak mulia adalah mereka yg memiliki sifat berikut: Punya malu, Banyak berbuat baik, Jujur, Sedikit bicara banyak bekerja, Tidak sombong, Suka memberi, Berwibawa, Berwajah ceria dan ramah, Peduli lingkungan, Sabar, Bersyukur, Ikhlas, Lemah-lembut, Tepat janji, Tidak mencela, Tidak menyakiti, Tidak ghibah, Tidak tergesa-gesa, Hormat kepada yg usia tua, Sayang kepada yg usia muda, Senang dekat orang shaleh, Menjauh dari orang berperangai buruk, Tidak mendendam, Tidak dengki, Senang menggembirakan orang lain, Mengalah, Mudah memahami orang lain, Mendahulukan orang lain, Mencintai mesjid, Memuliakan yatim, Dekat dgn orang miskin, Mudah membantu, Cepat menolong, Rajin mencari ilmu Senang belajar Takut salah dan tersesat Suka bertanya Mencintai karena Allah, Membenci karena Allah, Ikhlas karena Allah, Marah karena Allah, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamualikum, ada yg bisa kami bantu ?
Powered by